Headlines News :
Home » » Pesan Presiden Pada Pembukaan PON Riau 2012 (+ Foto-foto Pembukaan PON)

Pesan Presiden Pada Pembukaan PON Riau 2012 (+ Foto-foto Pembukaan PON)

Written By Ariez Marinecyber on Rabu, 12 September 2012 | 9/12/2012 08:34:00 PM

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka PON XVIII 2012 di stadion utama Riau, Selasa(11/09/2012). Foto:Rumgapres/Abror Rizki (http://foto.news.viva.co.id/)

PEKANBARU, Kompas.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap agar Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012 dapat mempererat semangat persaudaraan bangsa Indonesia. Harapan itu disampaikan Presiden SBY di Stadion Utama Riau, Selasa (11/9/2012) malam, dalam pidatonya saat meresmikan pembukaan event empat tahunan itu.

"Saya menyaksikan dari podium ini semangat persaudaraan dari para atlet, wasit, dan ofisial. Pekan olahraga ini saya harapkan dapat makin mempersatukan semangat persaudaraan antara kita," kata Presiden.

Ia menekankan bahwa semangat untuk meraih prestasi terbaik hendaknya didasari oleh sikap yang sportif dan semangat persaudaraan. Kepala Negara juga menilai PON harus menjadi puncak prestasi olahraga nasional dan barometer untuk mengukur keberhasilan daerah dalam pembinaan.

Acara pembukaan PON itu diawali dengan Lagu Indonesia Raya dan pesta kembang api selama lebih kurang 10 menit. Setelah itu masyarakat Pekanbaru dengan bangga menyambut para tamunya dengan suatu gelar budaya yang bertajuk "Dalam Kasih Sayang Air".

Aneka tarian tradisional dan kontemporer ditampilkan di lapangan utama stadion itu yang mencerminkan kehidupan masyarakat setempat, yang tidak jauh dari air atau Sungai Siak, termasuk replika kapal yang dikendarai sejumlah penari.

Selain tarian mengenai kehidupan masyarakat Riau juga ditampilkan suatu tarian yang menggambarkan kekayaan budaya Indonesia dari Barat sampai ke Timur serta finalis Indonesia Idol Judika dengan lagu tema PON XVIII yang berjudul "Selamat Datang Sang Juara".

Seusai pagelaran budaya tersebut para atlet kontingen PON XVIII dari seluruh provinsi di Indonesia melakukan tradisi defile mengitari lapangan tengah. Aksi defile tersebut memancing sorak sorai dari para penonton yang memberikan dukungan pada kontingen masing-masing.

Untuk meramaikan PON XVIII kali ini 33 provinsi di Indonesia mengirimkan masing-masing sedikitnya 100 atlet terbaiknya.

 

Foto-foto Pembukaan PON Riau 2012
 
 
 


Zamri Bactiar mantan allet binaraga menyulut api PON ke Tugu kalderon pada perayaan pembukaan PON XVIII di Stadion Utama Riau, Pekanbaru, Riau, Selasa, (11/9). Foto:ANTARA/FACHROZI AMRI






Mantan Atlet Binaraga Riau, Zamri Bactiar melemparkan api ke arah tugu kolderon PON Riau 2012 di Stadion Utama Riau, Panam, Pekanbaru, Riau, Selasa (11/09/2012). Foto:ANTARA/Viki Payoka






Suasana pesta kembang api di depan perahu Lancang Kuning saat acara pembukaan PON XVIII 2012 di Stadion Utama Riau, Pekanbaru, Selasa (11/9). Foto:ANTARA/Yudhi Mahatma






Penari memeriahkan pembukaan PON XVIII 2012 di stadion utama Riau, Selasa(11/09/2012).FOTO ANTARA/Prasetyo Utomo






Mantan atlet Zarmi Bachtiar menerima api dari obor utama pada pembukaan PON XVIII 2012 di Stadion Utama Riau, Pekanbaru, Selasa (11/9).Foto:ANTARA/FB Anggoro
Share this article :

Pengikut

my Twitter

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. World zone - DUNIA XXX - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger