Headlines News :
Home » » Cara Kerja Ponsel GPS

Cara Kerja Ponsel GPS

Written By Ariez Marinecyber on Senin, 05 November 2012 | 11/05/2012 12:23:00 AM


Cara Kerja Ponsel GPS

 

Ponsel GPS dapat membantu kita untuk memandu arah ke tempat tujuan yang belum kita mengerti. Dengan kata lain GPS berfungsi seperti peta penunjuk jalan bagi kita.
Prinsip Dasar Ponsel GPS
Sebuah ponsel pada dasarnya adalah radio dua arah yang canggih. Menara base/BTS dan stasiun, diatur dalam jaringan sel, mengirim dan menerima sinyal radio. Ponsel memiliki daya yang rendah mentransmisikan sinyal untuk berkomunikasi dengan menara terdekat.
Saat kita melakukan perjalanan, kita berpindah dari satu tempat ke tempat lain, dan base stasiun (BTS) memantau kekuatan sinyal telepon. Saat kita bergerak menuju satu tempat, maka kekuatan sinyal berkurang. Pada saat yang sama, BTS yang Anda dekati memberi pemberitahuan bahwa kekuatan sinyal anda meningkat. Saat Anda bergerak dari tempat ke tempat lain, maka menara sinyal akan mentransfer sinyal dari satu tempat ke tempat yang berikutnya.

Seperti ponsel, GPS bergantung pada gelombang radio. Tetapi daripada menggunakan menara di atas tanah, GPS berkomunikasi dengan satelit yang mengitari bumi. Saat ini terdapat 27 satelit GPS di orbit – 24 sedang aktif menggunakan dan 3 berfungsi sebagai cadangan jika satelit lain gagal.

Dalam rangka untuk menentukan lokasi Anda, GPS harus memiliki hal-hal berikut:
- Lokasi, setidaknya ada tiga satelit di atas kita
- Di mana kita berada dalam kaitannya dengan satelit tersebut

Penerima kemudian menggunakan tiga laterasi untuk menentukan lokasi secara tepat. Pada dasarnya, tiga laterasi ini menggambar sebuah ruang/lapisan di sekitar tiap-tiap tiga satelit yang ditemukan. Tiga lapisan/ruang menyilang di dua titik, satu di angkasa dan satunya di tanah. Titik di atas tanah di mana tiga ruang/lapisan menyilang adalah lokasi kita.

Di lokasi terpencil, menara mungkin jauh dan tidak dapat memberikan sinyal yang konsisten. Bahkan ketika ada menara yang banyak, dan gunung-gunung, bangunan tinggi dapat mengganggu sinyal. Kadang-kadang ada orang yang sulit mendapatkan sinyal di dalam gedung, terutama di elevator.

Meskipun tanpa GPS, ponsel kita dapat memberikan informasi tentang lokasi kita. Sebuah komputer dapat menentukan lokasi kita berdasarkan pengukuran sinyal kita, seperti: sudut pandang sel ke menara, berapa lama waktu sinyal yang melakukan perjalanan ke beberapa menara dan kekuatan sinyal ketika kita mencapai menara.

Perbedaan GPS pada Android dengan pada Nokia sebenarnya tidak ada perbedaan mencolok, karena dari segi fungsi dasar GPS untuk membantu mendeteksi lokasi saja. Biasanya yang membedakan adalah fitur peta / navigasinya, misalnya pada Android bisa menggunakan Google Maps dan Nokia menggunakan Ovi Maps.

Untuk navigasi dengan panduan suara bisa menggunakan aplikasi tambahan yang memanfaatkan GPS pada ponsel kita, misalnya menggunakan Garmin atau aplikasi sejenis lainnya. Dan penggunaan GPS pada ponsel bisa digunakan secara gratis selama lokasinya masih dapat dideteksi oleh satelit GPS.

 

Share this article :

Pengikut

my Twitter

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. World zone - DUNIA XXX - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger