Headlines News :
Home » » Percepat Kinerja Windows 7

Percepat Kinerja Windows 7

Written By Ariez Marinecyber on Sabtu, 24 November 2012 | 11/24/2012 03:02:00 PM

Percepat Kinerja Windows 7


Apapun versi windows yang anda gunakan, suatu saat pasti anda pernah merasakan kinerja PC yang berkurang. Hal tersebut seolah2 sudah menjadi turunan genetik dari sistem operasi, tak terkecuali windows 7. anda bisa saja menggunakan beberapa utility buatan pihak ke-tiga untuk mengoptimalkan Windows, tentu saja anda harus pintar-pintar memilih program yang aman dan terpercaya.


Dalam panduan ini, kita akan mencoba mempercepat kinerja dari Windows 7 dan bagaimana cara mengoptimalisasinya secara benar. Langkah-langkah yang akan kita terapkan adalah prosedur yang wajar, jadi anda tidak perlu kuatir akan merusak sistem operasi.

# 1 : hilangkan program dan fitur windows yang tidak terpakai
Disaat anda membeli PC atau laptop baru, biasanya sudah terinstall suatu paket yang berisi

banyak sekali program demo. Jika anda termasuk orang yang hobi mencoba-coba program baru yang anda download dari internet maupun dari teman. Setiap program yang anda install pasti akan menggunakan sumberdaya komputer yang sudah pasti ‘sia-sia’ bila anda tidak benar-benar membutuhkan program tersebut. Hilangkan dan unistall software yang sudah tidak anda butuhkan lagi dari Control Panel -> Programs -> Uninstall a program.



Anda juga bisa menonaktifkan fitur-fitur bawaan windows yang tidak diperlukan melalui Control Panel -> Programs -> Turn Windows features on or off. Hilangkan tanda check pada fitur Windows yang tidak anda inginkan

#2: Review Startup Programs
Hal paling umum yang menyebabkan komputer menjadi lambat adalah program yang secara otomatis dijalankan saat Windows dimulai, terus berjalan di background dan memboroskan memory dari sistem.

Cara paling mudah untuk mendeteksi aplikasi apa saja yang berjalan saat Windows dijalankan adalah dengan memeriksa notification area pada bagian taskbar yang terletak di bagian kanan bawah dari tampilan desktop Windows. Tekan tanda panah ke arah kiri untuk melihat icon-icon yang tersembunyi. Semakin banyak icon yang muncul, menandakan semakin banyak memory yang digunakan dan menyebabkan Windows terasa lambat. Uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak anda butuhkan, atau pilih untuk tidak mengaktifkan aplikasi secara otomatis saat Windows dimulai.

Cara paling baik untuk melihat aplikasi yang dijalankan saat Windows dimulai adalah dengan menggunakan System Configuration Utility. Dari tombol START pada windows, ketikkan msconfig pada search box. Klik pada bagian Startup dan periksa setiap aplikasi yang ada didalamnya. Jika anda melihat aplikasi yang tidak anda butuhkan, hilangkan tanda cek untuk menonaktifkannya. Catatan : langkah diatas tidak menghilangkan aplikasi dari sistem, hanya menonaktifkan saja.

Bagi pengguna yang telah berpengalaman bisa saja menggunakan utitity Autorun for Windows yang bisa anda unduh dari website Microsoft.

#3: Atur Efek Visual
Windows yang “cantik” pasti bukan Windows yang cepat. Hal ini dikarenakan untuk menampilkan efek visual diperlukan memori sistem yang cukup besar. Bila anda lebih menginginkan performa daripada tampilan maka anda dapat melakukan langkah berikut :
Dari Control Panel, cari Performance dan pilih Adjust the appereance and performance of Windows dari bagian/kategori System.



Dari jendela baru yang muncul, anda dapat langsung memilih Adjust for best performance untuk secara otomatis mempercepat kinerja windows anda dengan mematikan beberapa efek visual, atau anda bisa memilih sendiri efek yang ingin anda nonaktifkan.

#4: Atur pilihan Pengindeks
Windows secara otomatis menindeks seluruh drive dan lokasi penyimpanan file anda. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses pencarian suatu file disaat anda membutuhkannya. Anda bisa mengatur supaya Windows hanya melakukan indeks pada lokasi dimana anda menempatkan dokumen-dokumen anda. Misalnya di D:/dokumenku.
Dari Control Panel, cari Indexing dan pilih indexing options lalu pilih Modify.



Dari tampilan yang muncul, pilih Show all locations. Sekarang, hilangkan cek box selain dari lokasi dimana anda sering menyimpan file dan pilih OK.

#5. Power Setting
Manajemen daya di Windows 7 secara default adalah seimbang antara daya yang dibutuhkan dan performa yang dihasilkan. Jika anda tidak terlalu memikirkan penggunaan batere dan konsumsi daya serta menginginkan kecepatan, maka anda bisa mengatur untuk performa maksimal dengan cara : dari Control Panel, arahkan ke Power Option.



Klik tanda panah untuk Show Additional Plans, dan pilih High Performance.

#6. Matikan Suara
Anda dapat menonaktifkan suara yang tidak anda inginkan untuk meningkatkan performa. Dari Control Panel --> Hardware and Sound --> Change system sounds. Dari daftar Sound Scheme pilih No Sound, hilangkan tanda cek pada Play Windows Startup sound dan klik OK.

#7. Windows Service
Langkah berikut hanya untuk pengguna yang berpengalamana. Windows Service berjalan pada mode diam dan menyediakan fungsi kritis dari sistem operasi komputer. Namun, kebanyakan user tidak membutuhkan semua layanan yang dijalankan oleh windows. Service yang disediakan oleh windows tersebut tentunya akan mengambil sumber daya dari sistem yang berkaitan langsung dengan performa. Anda bisa saja mengubah pengaturan service untuk mendapatkan performa lebih.
Anda dapat melihat dan memodifikasi pengaturan tersebut dengan mengetikkan service.msc pada Start -> Search box.



Setiap service yang ada dapat anda atur ke otomatis (otomatis dijalankan saat memulai Windows), Manual (dijalankan saat dibutuhkan), atau Disabled (tidak bisa dijalankan). Service semacam apa yang harus anda rubah? Anda bisa melihat di link berikut. Gunakan Safe Configuration untuk mengaturnya. Jika anda mengerti dengan jelas apa yang harus anda atur, maka anda akan mendapatkan keuntungan maksimal dengan mengatur Windows Service
Share this article :

Pengikut

my Twitter

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. World zone - DUNIA XXX - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger