Headlines News :
Home » , » Aplikasi 'Causes' di Facebook

Aplikasi 'Causes' di Facebook

Written By Ariez Marinecyber on Selasa, 11 Desember 2012 | 12/11/2012 10:24:00 PM

Causes on Facebook
Mungkin beberapa rekan yang memiliki akun di Facebook sudah sering mendengar istilah Causes. Yup, causes adalah jenis aplikasi di facebook. Aplikasi ini sebenarnya berdiri sendiri, ia tidak dibuat oleh facebook melainkan oleh Sean Parker dan Joe Green, dua orang tokoh organisasi sosial di Amerika. Aplikasi ini pertama dibuat dan diintegrasikan ke facebook pada tanggal 25 Mei 2007. Causes dapat diakses lewat  http://apps.facebook.com/causes .
Aplikasi Causes bertujuan 'menggalang suara' dari pengguna facebook untuk menyetujui gerakan-gerakan sosial tertentu. Hingga saat ini, telah ada lebih dari 270.000 gerakan di Causes. Beberapa Causes yang cukup terkenal di Indonesia akhir-akhir ini ialah tentang KPK (Komite Pemberantasan Korupsi). Hingga artikel ini dibuat, telah muncul sekitar 29 Causes yang berbau KPK, diantaranya ialah:
Causes on Facebook
Di dalam aplikasi causes, member tidak hanya diberi kesempatan mendukung, melainkan juga dapat memberi dana terhadap gerakan yang didukungnya. Donasi ini tentunya ditujukan kepada pencetus gerakan si pembuat causes tematis. Selain itu, causes juga bisa dibuat sebagai sarana komunikasi antara pencetus gerakan dan pendukungnya. Pencetus gerakan dapat membuat posting melalui fasilitas buletin yang sudah disediakan.
Memang, di Indonesia suara pendukung causes tidak begitu diperhitungkan, tetapi berbeda dengan di Amerika dan Kanada. Causes yang memiliki banyak pendukung (lebih dari 25.000 member) akan menjadi bahan pertimbangan yang cukup berarti bagi pemerintahan di sana. Apalagi jika para member tersebut juga menyumbangkan dana bagi gerakan sosial yang didukungnya, tentunya gerakan ini menjadi sebuah movement yang sangat kuat dan tidak bisa dipandang sebelah mata lagi.
Tapi bagaimana cara membuat Causes tematis bagi gerakan sosial? cukup mudah sebenarnya, berikut ini adalah cara-caranya:
  1. Buka homepage Causes di www.causes.com ; lalu klik tombol 'Start a Cause'. Tetapi pastikan dulu bahwa anda sudah terlebih dulu membuka facebook dan login di dalamnya.
  2. Isilah formulir di dalam halaman berikutnya, isikan sesuai dengan gerakan yang anda inginkan. Jangan lupa siapkan dan upload foto simbol gerakan sosial anda. kemudian klik "Continue"; jika muncul jendela peringatan tentang privacy akun facebook, klik saja 'Allow'. Klik di sini untuk melihat contoh pengisian formulir.
  3. Setelah itu akan muncul halaman donasi, klik saja 'skip this step' ; karena donasi ini hanya bisa berfungsi jika anda tinggal di Amerika atau Kanada.
  4. Sesudahnya akan muncul jendela untuk mempublikasikan cause yang anda buat di wall anda. Setelah langkah ini selesai akan diperkenankan untuk memilih maksimal 300 orang teman untuk mendukung dan meneruskan Causes ini ke member facebook yang lain.
Yup, langkah-langkah membuat causes memang sangat mudah. Tapi untuk mewujudkan gerakan ini menjadi gerakan sosial yang berarti di Indonesia belum mudah. Selama ini Causes di Indonesia hanya dianggap sebagai 'pembentuk wacana'. Lemahnya pengetahuan masyarakat terhadap dunia IT mungkin salah satu penyebab utamanya. Semoga saja, pada tahun-tahun depan saat pengetahuan internet Indonesia makin berkembang, aplikasi ini dapat memberi sebuah gebrakan baru dalam melakukan gerakan-gerakan sosial.
Share this article :

Pengikut

my Twitter

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. World zone - DUNIA XXX - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger