Headlines News :
Home » » Manajemen Email dengan Google Apps

Manajemen Email dengan Google Apps

Written By Ariez Marinecyber on Selasa, 11 Desember 2012 | 12/11/2012 10:12:00 PM

Google AppsTidak memuaskannya dan terlalu sederhananya manajemen email dengan fasilitas webmail dari Cpanel mungkin membuat sebagian dari kita menjadi berpikir: "Ah seandainya saya memiliki layanan inbox seperti Gmail tetapi dengan alamat email domain sendiri.. ( saya@domainsaya.com)". Jangan khawatir dengan keinginan ini, sebab dengan adanya fasilitas Google Applications (yang disingkat dengan GoogleApps) semuanya menjadi mungkin.
Google Apps adalah sebuah web aplikasi dari Google.com yang berfungsi untuk manage email bagi pemilik website/blog yang telah memiliki alamat domain dan hosting sendiri. Dengan Google Apps pemilik situs dapat menikmati mail hosting dan segala macam fasilitas Gmail lain tapi dengan menggunakan alamat email sendiri ( pemilik@namadomain.com) bukan alamat gmail ( namauser@gmail.com).  Sehingga pemilik situs tidak perlu menggunakan fasilitas email dari Cpanel / webmail (yang biasanya beralamat namadomain.com/webmail) karena seluruh pengelolaan email sudah diatur oleh google.
Salah satu keuntungan menggunakan  Google Apps ialah pemilik situs dapat menghemat space hostingnya, karena tidak berkurang akibat menumpuknya email dalam inbox. Selain itu fasilitas-fasilitas standar lain juga bisa dinikmati oleh pemilik situs, seperti anti spam, space maksimal 7 Gb per emailmaksimal 50 alamat email per domain, GoogleCalendar, GoogleTalk, Google Docs, GoogleSites, dan lain sebagainya.
Ada dua jenis Google Apps, yaitu Standar Edition dan Premiere Edition. Standar Edition adalah versi gratis sedangkan Premiere Edition adalah versi bayar. Fasilitas Standar Edition sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk manajemen email biasa, tetapi tentunya tetap ada penambahan penambahan fitur yang lebih bagus jika pengguna ingin mencoba versi Premiere. Perbedaan dua versi ini bisa dilihat pada situs GoogleApps. Penasaran dengan fasilitas ini? silahkan saja langsung menuju ke sini untuk mengaktifkannya:
Setelah layanan GoogleApps ini aktif, pemilik email tinggal mengakses http://mail.google.com/a/namadomain.com untuk membuka email miliknya. Dibawah ini adalah contoh screenshot halaman login GoogleApps pada gravis-design.com (http://mail.google.com/a/gravis-design.com). Seperti yang bisa dilihat, pemilik email tinggal login dengan username dari domainnya sendiri. Setelah login, pemilik email akan menjumpai inbox dengan fitur dan tampilan layaknya Gmail.
Memang, dibutuhkan sedikit pengetahuan mengenai Cpanel untuk membuat fasilitas dari Google ini berfungsi normal. Setidaknya ada dua hal yang memerlukan pemahaman lebih, yaitu pemilik situs diminta untuk memferifikasi bahwa domain itu benar-benar miliknya, dengan mengupload sebuah file html di root domain, serta pemilik situs diminta mengganti MX Record dan diarahkan ke server Google. Cukup panjang jika tutorial aktivasi dan pengoperasian GoogleApps ditulis di sini. Untuk ringkasnya, silahkan download tutorialnya di link berikut ini (PDF File):

Download Tutorial GoogleApps

Share this article :

Pengikut

my Twitter

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. World zone - DUNIA XXX - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger