Headlines News :
Home » » Maskapai penerbangan ramai-ramai tambah extra flight

Maskapai penerbangan ramai-ramai tambah extra flight

Written By Ariez Marinecyber on Sabtu, 15 Desember 2012 | 12/15/2012 03:17:00 PM


Jelang Lebaran 2012, sejumlah maskapai penerbagangan ramai-ramai mengajukan penerbangan ekstra. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di H-7 sampai H+7. Bukan untuk mudik, tapi untuk liburan. 
Garuda Indonesia misalnya, menambah kapasitas penumpang sebesar 20.484 kursi pada periode 15-26 Agustus. Rute penerbangan yang mendapatkan tambahan ialah Jakarta- Denpasar pp dengan 26 penerbangan ekstra sebanyak 6.872 kursi, Jakarta-Yogyakarta pp dengan  tambahan 1.872 kursi dalam 12 penerbangan ekstra, juga rute Jakarta-Padang pp yang mendapatkan 3.484 kursi dalam 26 penerbangan tambahan.
Alokasi terbesar maskapai penerbangan plat merah ini justru disediakan untuk rute Jakarta- Singapura pp, sebanyak 8.260 kursi dalam 28 penerbangan ekstra. Daftar harga rute Jakarta-Singapura pp bisa dilihat di wego.co.id/penerbangan. Peningkatan kapasitas ini dilakukan Garuda Indonesia dengan cara menggunakan pesawat-pesawat dari rute yang tidak terlalu padat. Dibandingkan periode libur Lebaran tahun lalu, penambahan kapasitas maskapai ini meningkat 74 ribu.
Maskapai penerbangan
Foto: Antara/Widodo S Jusuf
AirAsia
Adapun maskapai penerbangan murah yang baru saja memenangkan penghargaan dari Skytrax, Air Asia, juga menambah kursi penumpang untuk rute domestik. Khusus pada periode libur Lebaran 2012, Air Asia Indonesia menambah penerbangan ekstra pada rute Surabaya-Denpasar dan Denpasar -Yogyakarta.  ”Kami merasakan animo yang sangat tinggi dari para pelanggan kami, khususnya ketika menjelang Lebaran,” kata Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Dharmadi, Kamis (25/7), seperti dilansir Antara.
Untuk penerbangam rute Surabaya-Denpasar akan ditambah dari dua kali menjadi tiga kali sehari. Adapun penerbangan rute Denpasar-Yogyakarta ditambah dari satu kali menjadi dua kali sehari. Selain itu, AirAsia Indonesia juga memberikan harga khusus bagi penumpang yang terbang dari Surabaya ke Denpasar, dan dari Denpasar ke Yogyakarta.  Untuk daftar harga tiket Air Asia Indonesia rute Surabaya Denpasar, bisa dilihat di wego.co.id/penerbangan.
Batavia Air
Manajemen Batavia Air juga memastikan telah mengajukan permohonan penerbangan ekstra. Maskapai yang dikabarkan diakuisisi Air Asia Indonesia bersiap mengantisipasi lonjakan penumpang pada periode libur Lebaran, terutama untuk rute-rute padat seperti Jakarta-Padang, Jakarta-Pontianak, Jakarta- Semarang, Jakarta -Medan dan Jakarta- Surabaya. Sebab, rute-rute padat itu, di tahun lalu, mengalami kenaikan permintaan hingga 2 kali lipat dari jumlah kursi normal. ”Memang belum ada kepastian untuk  penamabahan jadwal penerbangan. Tapi kami sudah mengajukannya,” ujar Manajer Hubungan Masyarakat Batavia Air, Elly Simanjuntak kepada Antara.
Lion Air
Kepala Humas Lion Air Edward Sirait akan mengajukan penambahan penerbangan dengan melihat permintaan pembeli terlebih dahulu. ”Kami akan menampung permintaan baru ditentukan berapa kali penambahan itu. Tapi beberapa rute akan ada extra flight antara lain Jakarta – Padang, Jakarta – Pekan Baru, Jakarta – Surabaya, Jakarta – Ujung Pandang dan lain-lain,” ujar Edward.
Menurutnya, sangat memungkinkan untuk menambah ekstra penerbangan setelah mengamati permintaan. Sebab, maskapai Lion Air sudah memiliki armada penerbangan yang banyak. Pada hari biasa saja, Lion Air sanggup melayani 500 penerbangan. ”Jumlah penumpang sebisa mungkin sesuai dengan jumlah kursi yang kami sediakan. Target kami bukan jumlah penumpang semata, tapi penerbangan tidak rugi setiap terbang,” kata Edward.  (Ant)
Share this article :

Pengikut

my Twitter

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. World zone - DUNIA XXX - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger