Headlines News :
Home » , , » Printed Paper Style

Printed Paper Style

Written By Ariez Marinecyber on Selasa, 11 Desember 2012 | 12/11/2012 10:12:00 PM

Print Paper Style
Salah satu karakter web design yang cukup menonjol akhir-akhir ini adalah printed paper style. Printed Paper style adalah sebuah web design yang menonjolkan karakter 'kertas' dalam tampilannya. Web design Printed Paper Style seolah-olah ingin membawa kesan bahwa pengunjung sedang membaca sebuah majalah, koran, atau tumpukan dokumen. Style ini sering dianggap sebagai 'back to natural' style dalam perjalanan web design.
Dulu corak web design sangat jauh dari kesan 'kertas', warna-warna gradien yang kaku plus tipografi yang seadanya membuat pembacanya sangat tidak nyaman. Printed paper style adalah salah satu jawaban untuk itu, di mana pembaca diharapkan dapat dengan nyaman menyimak informasi yang ditampilkan di website.
Seperti yang kita ketahui, design cetak adalah seni design yang cukup tua. Graphic design untuk percetakan ini sudah ada semenjak teknik cetak dan duplikasi dokumen diperkenalkan pertama kali oleh Johannes Gutenberg pada abad ke 15. Maka sudah ditebak, manusia cenderung lebih akrab dengan 'printed paper' sebagai media untuk menyimak dan mempelajari sesuatu daripada website itu sendiri.
Alasan inilah yang menjadi dasar dikembangkannya karakter printed paper dalam web design, baik secara sengaja atau tidak, dengan tujuan untuk lebih mendekatkan tampilan web dengan media yang biasa ditemui oleh netter sehari-sehari.
Untuk menampilkan printed paper web design, seorang designer biasanya melibatkan tekstur mirip kertas atau cardboard sebagai background dengan ditambah efek shadow untuk menjadikannya lebih natural. Serif Font juga dipilih sebagai main-tipografi agar posting artikel lebih mudah disimak. Sedangkan untuk menjadikannya ebih manis dan natural, sering ditambahkan pula ilustrasi-ilustrasi yang sering ditemui di sekitar kertas, seperti pensil, pulpen, paper-clip, pill-off note, dan sebagainya.
Jika dilakukan dengan melibatkan teori-teori design yang benar, seperti komposisi warna, balance, blocking, dan sebagainya, Karakter Printed paper style tentunya dapat menghasilkan sebuah web design yang lebih enak disimak, bersahabat, dan komunikatif. Contohnya bisa dilihat pada beberapa web design di bawah ini: (klik untuk menuju ke web asli)

 http://www.teamgreenadventures.com/      http://www.eightytwodesign.com/new/
http://www.waywardirregular.com/      http://sketch.odopod.com/
http://www.asimplemeasure.com/      http://solidgiant.com/

Share this article :

Pengikut

my Twitter

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. World zone - DUNIA XXX - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger