Headlines News :
Home » » Tips Mencari Inspirasi

Tips Mencari Inspirasi

Written By Ariez Marinecyber on Selasa, 11 Desember 2012 | 12/11/2012 10:18:00 PM


Salam.. Smile maaf jika blog ini untuk beberapa waktu belum diupdate. Kesibukan kami akhir-akhir ini sangat menumpuk. Yup, ini adalah akhir tahun dimana ini adalah musim liburan di barat sono. So, banyak turis asing yg melewatkan waktunya dengan berlibur di bali.. bukan hanya itu, mereka juga membawa 'oleh-oleh' berbagai proyek untuk kami. Saya sendiri pun harus bolak-balik Solo-Bali untuk mengurus ini dan itu.
Senang memang ketika mendapat banyak proyek. Tapi di sisi lain, tentunya ide dan kreatifitas yang dimiliki manusia biasa seperti kami sangat terbatas. Padahal setiap proyek baru dibutuhkan ide-ide baru. Makin banyak proyek tentunya makin banyak ide yang dibutuhkan.
Ide dan inspirasi memang bukan hal yang bisa dicari atau diciptakan dengan paksa. Ia muncul sendiri. Yang bisa diciptakan adalah keadaan tertentu yang kondusif untuk memunculkan ide. Ada beberapa tips yang bisa dikerjakan untuk menciptakan suasana tertentu sebagai perangsang munculnya ide. Tips ini mungkin bisa juga diterapkan saat kekurangan ide untuk ngeblog.

1. Jalan-Jalan

WalkingJalan-jalan di sini bukan berarti berkeliling kota dengan motor atau mobil. Tetapi benar-benar jalan kaki. Tidak perlu terlalu jauh. Cukup di sekitar kompleks, atau bisa juga di tempat-tempat yang disukai, seperti pantai atau taman kota. Lebih baik jika jalan-jalan ini dilakukan waktu sore.
Jalan sore bukan hanya untuk kesehatan fisik, tetapi juga berguna untuk menyegarkan jiwa. Yaitu dengan melihat hal-hal baru, atau malah pemandangan lama yang tidak terlihat dan terlupakan. Sambil berjalan, amati yang terjadi di sekitar, dari suara burung, bentuk rumah, warna-warnanya, dan sebagainya.

2. Bereksperimen dengan baju

FashionDesigner dan programer biasa menghabiskan sebagian besar waktunya di depan komputer. Sering dijumpai mereka tidak mau berhenti sebelum karyanya selesai. Maka tak heran jika jarang memperhatikan penampilan dan kebersihan. Pakaian yang acak-acakan sering menjadi ciri tersendiri. Saya tahu karena saya juga termasuk didalamnya.. he..he..
Tetapi cara hidup seperti ini bisa menyebabkan 'kejenuhan', yang akhirnya berujung pada ide yang mampet. Cobalah sekali waktu bereksperimen dengan baju-baju yg dipakai. Coba gunakan warna-warna 'gaul' yang selama ini anda anggap 'gila'. Penampilan baru dapat membawa aura baru bagi jiwa, yang pada akhirnya dapat membawa penyegaran suasana. Banyak ide baru yang bisa muncul dari kondisi ini.. ups, jangan lupa mandi dulu yah, sebelum baju-baju itu dipakai.. Tongue out

3. Ngobrol dengan orang sekitar

ChattingSebenarnya ini kelanjutan dari tips di atas, karena designer dan programer lebih banyak berurusan dengan komputer, tentunya ia jarang berhubungan dengan orang-orang di sekitar. Bahkan lebih parah lagi bisa menjurus ke sifat anti sosial. Sering didapati juga mereka lebih nyaman chatting YM dari pada ngomong langsung. Saya sendiri pernah mengalami hal ini.
Cobalah untuk sejenak meninggalkan komputer, coba luangkan waktu untuk bertemu dengan sahabat-sahabat lama. Cobalah untuk bercerita dan mendengarkan. Keluarkan semua uneg-uneg. Tidak perlu takut menceritakan rahasia. Bercanda dan tertawalah bersama. Anda pasti merasa lebih plong dan berbeda. Jiwa yang penat menjadi ringan, dan ide-ide baru pun bermunculan.

4. Belajar Sejarah

HistorySejarah? yup. Sejarah bagi designer adalah perjalanan seni umat manusia. Cobalah sekali waktu membuka buku-buku sejarah. Amati berbagai corak seni yang terdapat dalam foto-foto atau gambar didalamnya. Perhatikan bentuk bangunan, ukiran, tata rias orang-orang, lukisan, dan sebagainya. Banyak sekali ide-ide desain yang bisa muncul dari corak-corak seni masa lalu, contohnya aliran art noveau yang populer akhir-akhir ini.
Jika perlu, pergi ke museum bisa juga dijadikan pilihan. Di museum bisa ditemukan banyak sekali bukti-bukti kejayaan masa lalu, termasuk berbagai karya seni yang populer di waktu itu. Jika lewat buku/web, karya seni hanya bisa dilihat dari gambar, tetapi di museum kita bisa melihatnya secara langsung, bahkan merabanya. Ini bisa menimbulkan sensasi dan aura tersendiri bagi insting seni seorang designer.

5. Bermain atau Mendengarkan Musik

MusicMusik dipercaya dapat membuat jiwa lebih tenang. Musik juga mampu membawa perasaan ke ruang imajinasi yang lebih murni. So, jangan ragu-ragu untuk mendengarkan atau memainkan musik sebagai pengusir rasa jenuh. Luangkan pula waktu untuk melihat konser band kesayangan. Ikutlah bernyanyi, berteriak, dan melompatlah untuk melepas segala kejenuhan.
Yup.. terlalu lama melakukan aktivitas kreatif berulang-ulang memang bisa menimbulkan rasa jenuh yang luar biasa. Maka, suasana berbeda kadang dibutuhkan untuk membuang rasa jenuh ini. Mungkin beberapa tips di atas bisa membantu. Ada yang bisa menambahkan? Laughing
Share this article :

Pengikut

my Twitter

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. World zone - DUNIA XXX - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger